Bab 32: Tempat Tinggal Orang Selamat

Hari kedatangan Kristus adalah hari pembinasaan kepada yang jahat saja. Hari itu merupakan suatu hari penebusan bukan saja bagi umat Allah, tetapi juga untuk dunia ini.

Allah menjadikan dunia menjadi tempat kediaman manusia. Disini Adam tinggal, ditaman yang menyenangkan yang telah diperindah Allah, Khalik. Walaupun dosa pernah menodai ciptaan Allah, namun demikian umat manusia tidak dibiarkan begitu saja oleh Penciptanya; juga tujuannya bagi dunia ini tidak disingkirkan.

Malaikat-malaikat mengunjungi dunia ini, membawa pekabaran penebusan, bukit-bukitnya maupun lembahnya menggemakan lagu-lagu kegembiraan. Tanahnya telah dijelajahi oleh kaki Anak Allah, selama kurang lebih enam ribu tahun dalam bentuk-bentuk keindahan, pelbagai pemberian untuk memeliharanya, bumi telah menjadi saksi kasih Khalik.

Bumi yang itu juga, yang telah dibarui dari kutuk dosa akan menjadi rumah kekal manusia. Mengenai duni ini Alkitab berkata, bahwa Allah “menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami.” Yesaya 45:18. Dan “bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya.” Pengkhobah 3:14.

Didalam khotbah diatas bukit, Juruselamat berkata, “Berbahagialah orang yang lemahlembut karena mereka akan memiliki bumi.” Matius 5:5.

Jauh-jauh sebelumnya pemazmur telah menulis, “Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.” Mazmur 37:11.

Alkitab sependapat dalam soal ini, “Kalau orang benar menerima balasan diatas bumi.” Mereka “Mewarisi negeri dan tinggal disana senantiasa.” Amsal 11:31; Maz 37:9.

Api Neraka pada hari terakhir akan membinasakan “langit dan bumi yang sekarang,” tetapi akan digantikan oleh langit yang baru dan bumi yang baru.” 2 Petrus 3:7,13. Langit dan bumi yang dibaharui “apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan yang tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak timbul dalam hati manusia: semua disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” 1 Korintus 2:9.

Tidak ada Bahasa manusia mampu menggabarkan dengan lengkap perihal upah orang benar. Hal itu dapat dikatakan hanya oleh orang-orang yang melihatnya. Kita tidak dapat memahami kemuliaan Firdaus Allah.

Percikan-percikan tentang negeri itu dapat kita peroleh sekarang; karena kepada kita “Allah telah menyatakannya oleh Roh.” 1 Korintus 2:10. Alkitab memberi gambaran mengenai negeri itu kepada kita, gambaran yang sungguh berharga bagi hati kita.

Dinegeri itu Gembala surga menuntun kawanannya menuju mata air kehidupan. Pohon hayat berbuah tiap bulan dan daun-daunnya menyegarkan bangsa-bangsa, disana terdapat sungai yang senantiasa mengalir, bagaikan kristal, jernih dan dipinggiran pepohonan yang rindang melambai-lambai melemparkan bayang-bayang keatas jalan yang disediakan bagi umat tebusan Tuhan. Hamparan lereng bukit yang indah, dan gunung-gunung Tuhan yang tinggi terdapat disana. Didataran yang penuh damai itu, disebelah sungai hidup, umat Allah yang sudah lama mengembara, mendapat tempat tinggal. “Bangsa-Ku akan diam ditempat yang damai, ditempat tinggal yang tenteram ditempat peristirahatan yang aman.” “Tidak akan ada lagi kabar tentang kekerasan dinegeri mu, tentang kebinasaan atau keruntuhan di daerah mu.” Engkau akan menyebutkan tembokmu ‘selamat’ dan pintu-pintu gembangmu ‘pujian’ Yesaya 32:18; 60:18 “Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun dan memakan buahnya juga mereka tidak akan mendirikan sesuatu supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu supaya orang lain memakan buahnya…..dan orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka.” Yesaya 65:21,22.

Disana “padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersorak-sorak dan berbunga.” “Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobor, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad.” Yesaya 35:1 ; 55:13. “serigala akan tinggal Bersama domba dan macan tutul akan berbaring disamping kambing…dan seorang anak kecil akan menggiringnya.” “Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk diseluruh gunung-Ku yang kudus,” kata Tuhan. Yesaya 11:6,9.

Tidak akan ada lagi air mata, tidak ada perkabungan, tangisan. “dan maut tidak akan ada lagi, tidak akan ada lagi perkabungan….sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” “Tidak seorang pun yang tinggal disitu akan berkata; ‘aku sakit,’ dan semua penduduknya akan diampuni kesalahannya.” Wahyu 21:4; Yesaya 33:24.

Disana terdapat kota Yerusalem baru, ibu kota bumi yang dimuliakan, “Mahkotba keagungan ditangan Tuhan dan serban kerajaan ditangan Allahu. “Cahayanya bagaikan “permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.” “dan bangsa-bangsa akan berjalan didalam cahaya dan raja-raja dibumi membawa kekayaan mereka kepada-Nya.” Yesaya 62:3; Wahyu 21:11,24

Tuhan berkata, “Aku akan bersorak-sorai karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku.” “kemah Allah ada ditengah-tengah manusia dan Ia akan diam Bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.” Yesaya 65:19; Wahyu 21:3

Didunia yang sudah di barui hanya orang-orang benar saja yang akan tinggal. “tetapi tidak akan masuk kedalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta.” Wahyu 21:27

Hukum Allah yang kudus akan dihormati semua orang yang ada dibawah matahari, mereka yang ternyata benar dihadapan Allah dengan memelihara Hukum-Nya, akan tinggal dengan Dia. ”dan didalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.” “mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih dalam Darah Anak Domba. Karena itu mereka berdiri dihadapan takhta Allah dan melayani Dia siang-malam dibait suci-Nya.” Wahyu 14:5;7:14,15.

“Titah Tuhan itu tepat…..dan orang yang berpegang padanya mendapat upah yang besar.” Mazmur 19:8-11.

“Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang kedalam kota itu.” Wahyu 22:14.

Leave a Reply

Your email address will not be published.