“Jesus Loves Me,” by Anna Bartlett Warner

Himne yang menarik ini sangat populer di kalangan anak-anak di gereja-gereja di seluruh dunia. Nyanyian itu pertama kali ditulis pada tahun 1859 sebagai puisi oleh penulis Amerika Anna Bartlett Warner, yang menulis puisi itu atas permintaan saudara perempuannya.

Secara khusus, saudara perempuan Warner — juga seorang penulis — sedang menulis sebuah novel dan meminta Warner untuk menulis sebuah puisi untuk dibacakan kepada seorang anak fiksi yang sekarat di dalam buku itu.

Ironisnya, dari permintaan kenyamanan anak fiksi itu muncul salah satu himne anak-anak yang paling dicintai sepanjang masa. Nyanyian itu meyakinkan anak-anak yang sebenarnya tentang kasih Yesus yang tanpa syarat bagi mereka dengan ayat-ayat pembuka:

Jesus loves me! This I know,
For the Bible tells me so;
Little ones to Him belong;
They are weak, but He is strong.

Yesus mencintaiku! Ini saya tahu,

Karena Alkitab memberitahu saya demikian;

Anak-anak kecil milik-Nya;

Mereka lemah, tetapi Dia kuat.

Musik untuk lirik himne ini disusun pada tahun 1861 oleh musisi William Bradbury, yang menambahkan refrein, “Yes, Jesus love me,” dinyanyikan dalam versi lagu hari ini. Khususnya, lirik yang sederhana namun langsung dari himne ini menjadikannya favorit sebagai salah satu himne pertama yang diajarkan misionaris Kristen kepada petobat baru.

Selain sebagai penulis himne Kristen, Warner dan saudara perempuannya juga mengajar kelas pelajaran Alkitab untuk taruna di West Point selama lebih dari 40 tahun. Salah satu murid terkemuka dari Warner bersaudara adalah Jenderal Dwight D. Eisenhower. Setelah kematian para suster, upacara pemakaman mereka dilakukan dengan penghormatan militer.

Sampai saat ini, para suster adalah satu-satunya warga sipil yang dimakamkan di pemakaman militer West Point. Bekas rumah keluarga Warner sekarang menjadi museum di halaman Akademi Militer Amerika Serikat.

Lirik selengkapnya :

Jesus Loves Me

Jesus loves me this I know, for the Bible tells me so

Little ones to Him belong, they are weak but He is strong

*Yes, Jesus loves me, yes, Jesus loves me

Yes, Jesus loves me, the Bible tells me so

Jesus loves me, He who died, heaven’s gate to open wide

He will wash away my sin, let His little child come in

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *